Friday, February 29, 2008

Berkat Tuhan yang Patut Disyukuri

Beberapa hari ini, Q sedang agak sedikit berperang. Bukan berperang dalam arti tembak menembak terus membunuh musuh lo ya. Tapi agak sedikit ada pertentangan dalam diri tepatnya hati Q.

Ga tau kenapa...akhir-akhir ini Q gampang banget iri atau malah dengki sama orang lain yang Q rasa posisi, status, kedudukannya di atas Q. Apalagi kalo dah liat friendsternya penuh dengan foto-fotonya sedang berada di suatu tempat yang jelasnya bukan di Jogja.

Q dah berusaha untuk ngeyem-yemin hati (bahasa Indonesianya apa ya?). Bahkan kadang Q kayak sedang ngomong sama hati Q sendiri. Q bilang, "Udahlah Q seharusnya kamu bersyukur dengan keadaanmu sekarang". Tapi teteeeep... ajha kadang Q masih ga bisa nerima semuanya dengan baik.

Padahal lo ya kalo mau hitung menghitung semua berkat yang sudah Tuhan beri ke Q, kayanya ga bakal habisnya. Bukan maksud Q untuk bersombong diri lo ya. Tapi ini sekedar pengingat untuk Q akan betapa beruntungnya Q sekarang. Biar Q bisa lebih mensyukuri berkat yang sudah Tuhan beri ke Q. Kalo dirunut satu persatu jadinya...

- Q punya Tuhan yang tidak pernah meninggalkan Q.
Q tau bukan cuma Q yang punya Tuhan. Tapi Q percaya banget kalo Tuhan itu ga pernah luput memperhatikan satu persatu anak-Nya. Walo kadang anak yang diperhatikan-Nya itu lupa untuk bersyukur atas apa yang telah diberikan-Nya. Q punya satu pengalaman yang mungkin merupakan keajaiban bagi Q.
Ceritanya dulu waktu jamannya awal kuliah ditahun 2000-2001, waktu uang bulanannya Q masih sekitar Rp. 350.000,-, Q sempet agak susah untuk ngatur pengeluaran. Maklum, namanya juga anak baru pertama hidup jauh dari ortu, terus masih ngatur-ngatur semua sendiri, jadi kadang pengeluaran ga sesuai dengan pemasukan. Nah...pernah pada akhir bulan, Q bener-bener ga punya uang tuh. Padahal Q belum makan malam sedangkan perut dah keroncongan. Q juga berpikir sambil berdoa bahwa Tuhan ga akan membiarkan anak-Nya kelaparan. Sambil dengan yakinnya berharap akan ada keajaiban pada malam itu.
Tau ga...tiba-tiba ajha ada temen Q yang katanya baru Ultah, nganterin satu kotak KFC (yang menurut unkuran Q lumayan mahal, apalagi di akhir bulan) dan bilang, "Nih, untuk kamu, jangan lupa dimakan ya". Ya ampun, bener-bener ga bisa dipercaya deh. Sampe sekarang ajha kadang Q mikir Tuhan itu bekerja dengan cara-Nya yang sangat misterius dan kadang ga bisa dipercaya dengan akalnya manusia yang sangat terbatas ini.

- Q punya keluarga yang selalu mendukung Q, apapun keadaan Q.
Q bukan tipe anak mamah atau anak papah. Q anak pertama dari dua bersaudara. Adek Q cowok. Jadi, Q merupakan role model yang harus keliatan mandiri dan tegas (menurut Q sih begitu...). Jadi, kadang kalo Q ada masalah, Q jarang banget cerita sama mamah apalagi papah. Tapi, Q tetep ngerasa, mereka selalu mendukung Q apapun keadaan Q.
Kadang, kalo Q ngerasa lonely banget, tiba-tiba ajha papah nelpon dan nanyain keadaan Q. Walopun cuma untuk beberapa detik, rasanya tuh dah seneng banget bisa denger suara mereka.

- Q punya seorang pacar yang sangat pengertian dan menerima Q apa adanya.
Q orangnya keras. Kadang malah keras banget. Q juga ga sabaran, gampang marah, moody, dan pendendam. Itu cuma sebagian kecil dari sifat buruk Q. Tapi ya...dia itu ngertiin dan nerimo banget sama keadaan Q. Kadang kalo Q dah mulai marah-marah atau ga sabaran, dia cuma diam atau ngajak becanda yang pada akhirnya kadang-kadang Q ga jadi marah atau malah dia jadi tempat pelampiasan kemarahan Q hehehehe...
Dia orangnya sabar banget deh. Ga tau kok bisa ada orang sesabar itu di jaman sekarang. Makanya Q bersyukur banget bisa punya pacar kayak dia.

- Q punya pekerjaan yang layak dan menyenangkan.
Walo kadang Q bosan sama kerjaan Q, Q tetep bersyukur Q ga perlu pusing-pusing mikirin harus nyari kerja. Temen-temen kantor sangat menyenangkan. Bos Q juga sangat mendukung dan sangat menyenangkan. Suasana kerjanya juga menyenangkan dan santai.

- Q punya temen-temen baik.
Q bukan tipe orang yang gampang deket sama orang. Q cuma deketnya sama beberapa orang ajha. Bukannya Q orangnya ekslusif, tapi Q susah untuk deket banget sama semua orang walopun Q orangnya ramah. Nah, Q punya temen yang sampe sekarang walopun kita dah jauhan tapi tetep bisa deket dan masih keep in touch.

- Q orangnya gampang beradaptasi dan ramah.
Sifat Q ini sangat mendukung Q untuk maju. Ga tau kenapa, banyak orang yang bilang Q tuh orangnya murah senyum. Kadang walo ga kenalpun, Q kalo papasan sama orang tetep senyum. Sejelek apapun mood Q hari itu, kalo dah ketemu sama orang lain, rasanya susah untuk cemberut. Kadang kalo bad day, Q rasanya pengen ngamuk ajha. Begitu dah masuk kelas untuk ngajar, semua rasa sebel, marah, dan sebangsanya itu ilang...

- Q is a fast learner.
Q gampang banget belajar satu hal baru. Walopun satu hal tersebut sangatlah jauh dengan latar belakang pendidikan ataupun pengalaman Q. Q dulu kuliah di Fakultas Pendidikan jurusan Bahasa Inggris...tapi Q pernah jadi SPG untuk produk susu kesehatan, Q pernah kerja di travel agen jualan tiket pesawat, terus sekarag di kantor baru...kalo lagi peak season, Q bantu-bantu jadi operator yang harus berhadapan dengan berbagai macam panel dan tombol yang kadang kalo salah pencet bisa fatal hehehe...Q seneng ajha kalo menemukan satu hal baru yang Q ga bisa. Kayaknya itu merupakan tantangan tersendiri bagi Q.

- Q kulitnya putih dan jarang jerawatan.
Betapa mahalnya biaya perawatan wajah dan kulit di jaman sekarang. Dan alangkah bersyukurnya Q bisa punya wajah dan kulit yang ga bermasalah. Q tuh ga pernah ngerawat wajah apalagi yang namanya facial. Denger namanya ajha udah takut. Katanya temen-temen Q, facial itu sakit...komedonya dipencet-pencet biar keluar...hiiiiii...

- Badan Q gampang gendut tapi gampang nuruninnya .
Q tuh pencinta coklat dan es krim sejati. Sekenyang-kenyangnya Q, kalo dah ngeliat coklat dan es krim pasti deh tetep ngiler hehehe....Tapi walopun gampang gendut, tinggal ga makan malam ajha berat badan Q dah stabil lagi. Ciri-ciri kalo Q dah mulai gendut, jeans Q dah mulai susah diajak bergerak, gampang capek kalo naik turun tangga, pipinya dah keliatan tembem, pahanya tambah melebar, dll.

Tuh kan banyak banget berkat dari Tuhan yang seharusnya dah Q syukurin. Hal-hal yang di atas itu baru sebagian yang bisa Q ingat. Belum yang lainnya yang mungkin Q lupa untuk sebutin.

Jadi intinya...Q ayo lebih bersyukur dan menikmati hidup. Tiap orang punya rejeki beda-beda. Kita dah punya porsinya sendiri-sendiri. Ayo...mari lebih bersyukur lagi

No comments: